jump to navigation

CV – Commanditaire Vennootschap September 4, 2007

Posted by antoxz in Bussiness.
trackback

Commanditaire Vennootschap atau biasa di sebut persekutuan komanditer merupakan suatu persekutuan yang di dirikan oleh dua orang atau lebih. Sebuah CV mempunyai dua macam sekutu :

  1. Sekutu aktif biasanya disebut dengan pengurus CV adalah sekutu yang menjalankan perusahaan dan berhak melakukan perjanjian dengan pihak ketiga. Artinya, semua kebijakan perusahaan dijalankan oleh sekutu aktif.
  2. Sekutu pasif atau biasa disebut komanditer adalah sekutu yang hanya menyertakan modal dalam persekutuan. Apabila perusahaan rugi sekutu komanditer bertanggung jawab hanya sebatas modal yang ditanamkan demikian juga, apabila perusahaan untung maka uang yang mereka memperoleh terbatas tergantung modal yang mereka berikan.

Dalam KUH Dagang tidak ada aturan tentang pendirian, pendaftaran, maupun pengumumannya, sehingga persekutuan komanditer dapat diadakan berdasarkan perjanjian dengan lisan atau sepakat para pihak saja (Pasal 22 KUH Dagang).

" Perseroan-perseroan firma harus didirikan dengan akta otentik, tanpa adanya kemungkinan untuk disangkalkan terhadap pihak ketiga, bila akta itu tidak ada. (Pasal 22 KUH Dagang) "

Dalam praktik di Indonesia untuk mendirikan persekutuan komanditer dengan dibuatkan akta pendirian/berdasarkan akta notaris, didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri yang berwenang dan diumumkan dalam Tambahan Berita Negara RI. Hubungan perusahaan dengan pihak luar dikerjakan oleh sekutu aktif sesuai pasal 19 KUH Dagang.

" Perseroan yang terbentuk dengan cara meminjamkan uang atau disebut juga perseroan komanditer, didirikan antara seseorang atau antara beberapa orang persero yang bertanggung jawab secara tanggung-renteng untuk keseluruhannya, dan satu orang atau lebih sebagai pemberi pinjaman uang. Suatu perseroan dapat sekaligus berwujud perseroan firma terhadap persero-persero firma di dalamnya dan perseroan komanditer terhadap pemberi pinjaman uang. (Pasal 19 KUH Dagang) "

Dalam pasal 16 KUH Dagang, CV merupakan persekutuan perdata yang masa berakhirnya ditetapkan dalam pasal 1646 s/d 1652 KUH Perdata.

About these ads

Comments»

1. fl3xu5 - October 23, 2007

adakah batas minimum dari pendirian suatu CV ?
termasuk didalmnya biaya pengurusan akta notaris ?

Salam

fl3xu5

2. Anto - October 24, 2007

Pendirian sebuah CV memerlukan setidaknya dua orang, satu sebagai sekutu pasif (komanditer) dan satunya sekutu aktif (pengurus), Profile CV mu seperti pendiri dan kepengurusan, lokasi CV, Usaha yang hendak dijalani, untuk batas minimal modal ga ada, modal boleh disebutkan juga boleh tidak disebutkan dalam akte.

Untuk biaya kepengurusan ke notaris biasanya tergantung dari jumlah modalmu, jumlah pendiri, berapa banyak bidang usaha CV mu.

Untuk lebih jelasnya curhat aja ke kantor notariat saya kan bukan notaris ndes cuma nggoogle hahaha :P~

3. Novie - November 10, 2007

Apa ada perbedaan antara peraturan pajak yang dipunyai Cv dan PT?

4. Cassh3Rn - December 15, 2007

Apabila dari awal suatu perusahaan sudah berbentuk firma, lalu ada perubahan ke CV, maka yg saya mau tanyakan apakah ada pasal-pasal yang membahas tentang perubahan tersebut dan bila ada orang baru yang menyumbangkan modal secara meneluruh dan dia sebagai silent partner, apakah dia berhak mendapatkan hak,persentase lebih besar?

Terima kasih.

5. OBUNG - March 8, 2008

MINTA UU CV ????

6. ed_ - April 24, 2008

bagaimanakah tanggung jawab CV dengan pihak ketiga apabila terjadi wanprestasi?

7. wisnu - September 24, 2008

bos, kalo ternyata sekutu komanditernya belum ada atau mengundurkan diri, ada ketentuan engga berapa lama sampai adanya sekutu komanditer baru ? dan apabila dalam jangka waktu berapa lama tidak ada sekutu komanditer sehingga CV dapat dinyatakan bubar, terima kasih

8. dhiewahyudhi - October 18, 2008

Dalam CV berlaku ketentuan tanggung jawab secara renteng dengan batasan bahwa pesero komanditer hanya bertanggung jawab sebesar inbrengnya.
Kemudian mengenai belum adanya pesero komanditer, maka perseroan itu hanya baru dapat dikatakan sebagai sebuah firma. Jika telah ada perseroan komanditer dan dia mengundurkan diri, maka sesaat setelah pengundurannya itu harus diangkat seorang pesero komanditer. Dengan demikian harus ada akta keluar masuk dalam CV.
Mengenai bubar atau tidaknya CV tersebut dengan tidak adanya pesero komanditer hal tersebut tidak begitu diatur, namun jika CV tersebut tidak ada lagi pesero komanditernya, maka tidak lah dapat dianggap lagi suatu CV, melainkan hanya suatu Firma.

9. Indah - November 24, 2008

Saya ingin tanya, kalau saya mendirikan CV dan pihak sekutu yang pasif adalah warga negara asing, apakah bisa diterima? Ataukah CV hanya bisa didirikan oleh warga negara indonesia saja?

Terima kasih untuk bantuannya.

10. windhy - February 20, 2009

terima kasih untuk infonya

11. bayu pratomo - March 11, 2009

thanks atas info tentang cv nya, kebetulan kita lagi ada tugas tentang badan usaha.
oiya kita perlu jawaban gmana agar untuk mendirikan Fa (firma) dapat diakui dan diannggap sah secara hukum.

12. shanty.. - October 21, 2009

apa ja sih yang jadi masalah dalam membuat cv itu sendiri..??

13. maia - November 1, 2009

, akk siswa Sma susah iaa

cari contoh” CV !!!!!!!

14. Harry - November 9, 2009

bagaimana jika CV didirikan oleh suami istri ..??

15. abudiman - February 9, 2010

tolong dong kasihin gambarnya

16. Imelda - April 9, 2010

Bagaimana pertanggungjawaban partner dalam CV itu ya??
thx

17. Dewa Putu Kramas - June 4, 2010

CV. merupakan badan hukum apa badan usaha ?

18. nuar villa - October 24, 2010

,apa yg dimaksud dg persero diam ya ,?

19. safril - November 4, 2010

Apa benar untuk membentuk suatu badan hukum (cv) itu di butuhkan dana yang besar..
Tanks..

20. yujiv - March 17, 2011

CV tidak termasuk dalam badan hukum. yang tergolong dalam badan hukum adalah PT, koperasi dan yayasan. sedangkan CV,Firma dan berbagai usaha dagang lainnya tidak tergolong ke dalam badan hukum. Terima kasih.

21. bulan - April 17, 2011

bedanya pengertian antara cv , firma , persekutuan perdata apa?

22. rosy - September 18, 2013

slm,,mhon maaf sebelumnya,mohon contoh akta pembagian saham 75% utk ahli waris yaitu istri dan 2 anak

23. yayes arianto - February 27, 2014

dapatkah sekutu aktif mundur dari cv kmd masuk lagi scr tidak prosedural


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: